Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Eksistensi Air


Air merupakan zat atau materi atau unsur yang paling penting  bagi semua bentuk kehidupan. Air, menurut Al-Qur′an, merupakan sumber kekayaan alam yang sangat penting, berharga, dan memiliki daya guna dan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia, binatang, dan tetumbuhan. Al Qur'an menegaskan dalam surat Al Baqarah ayat 164 yang berbunyi:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan".

Manfaat dan 
kegunaan Air dalam Kehidupan


  1. Sarana untuk bersuci atau membersihkan diri lahir batin.
  2. Untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia akan air minum.
  3. Air bermanfaat bagi pertanian.
  4. Air memiliki sumber daya yang besar untuk menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa air sangatlah penting bagi kehidupan dan air merupakan bagian dari semua kehidupan. Maka dari itu sebagai mahluk hidup kita harus menjaga keberadaan air karena air merupakan bagian dari kehidupan.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Komentar